Pelatihan Branding dan Digital Marketing untuk Penguatan UMKM Lokal

Authors

  • Sherli Junianingrum Universitas Selamat Sri
  • Lukman Zaini Abdullah Universitas Selamat Sri
  • Siti Abdillah Nurhidayah Universitas Selamat Sri

DOI:

https://doi.org/10.51792/jamet.v3i2.65

Keywords:

UMKM, branding, digital marketing, pemberdayaan

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam perekonomian Indonesia, namun banyak menghadapi tantangan seperti keterbatasan akses pasar dan rendahnya daya saing. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan UMKM dalam branding dan digital marketing. Pelatihan dilakukan di Kantor Kecamatan Kaliwungu dengan 40 peserta dari Forum UMKM Lokal, meliputi teori dan praktik penggunaan media sosial serta marketplace. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pemahaman peserta terkait pemasaran digital dan branding, serta keberhasilan dalam mengoptimalkan akun bisnis. Keberlanjutan program didukung oleh komunitas digital UMKM dan materi pelatihan mandiri. Program ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing UMKM di pasar digital

References

Abdullah, Lukman Zaini, and others. 2024. “Pengaruh Social Media Marketing Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Keterlibatan Konsumen.” Jurnal Bingkai Ekonomi (JBE) 9, no. 2: 69–78.

Azizah, Nurifa Laksmitasari, Eka Kurnia Patmasari, Sherli Junianingrum, Haifa Hannum Arija, and Parasdya Pandhu Andanawarih. 2024. “PENINGKATAN PENGETAHUAN USAHA MIKRO BAGI NASABAH.” JAMET: Jurnal AbdiMas Ekonomi TerapanUniversitas Selamat Sri 2, no. 1: 2–5.

Belananda, Maulia Regita, Inka Nuromavita, and Tri Joko Sulistiyanto. 2024. “Literasi Produk Bersertifikat Halal Sebagai Upaya Pengembangan Umkm Di Desa Karangasem Selatan.” JAMET : Jurnal AbdiMas Ekonomi Terapan Universitas Selamat Sri 2, no. 1: 20–24.

Junianingrum, Sherli, Nanang Apriliyanto, and Lukman Zaini Abdullah. 2023. “Repurchase Intention Based On E-Service Quality And Customer Trust At Three Top Brand E-Commerce Indonesia.” IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita 12, no. 2: 226–40.

Downloads

Published

2025-10-11