Penguatan Kapasitas Produk dan Layanan untuk Meningkatkan Kinerja Forum Usaha Mikro Kecil Menengah

Authors

  • Siti Abdillah Nurhidayah Universitas Selamat Sri
  • Sherli Junianingrum Universitas Selamat Sri
  • Lukman Zaini Abdullah Universitas Selamat Sri

DOI:

https://doi.org/10.51792/jamet.v3i2.35

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, menyumbang sekitar 60% terhadap PDB dan menyediakan lapangan kerja. Namun, UMKM menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan akses pasar, kualitas produk, dan manajerial. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan upaya optimalisasi produk dan layanan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan. Program ini mencakup identifikasi masalah, pelatihan kualitas produk, manajemen usaha, serta kolaborasi antar UMKM untuk memperluas pasar. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan kualitas produk, pengelolaan usaha yang lebih baik, dan penggunaan teknologi yang efektif. Program ini berhasil meningkatkan daya saing UMKM dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Kata Kunci: UMKM, optimalisasi produk, pelatihan, pendampingan, daya saing, ekonomi lokal.

References

Cahyo, Septian Dwi, Vincentia Indah Puspita Sri, and Eka Kurnia Patmasari. 2024. “PENGARUH ENTREPRENURIAL MINDSET, DIGITAL LITERASI, DAN CERTIFICATION TERHADAP PERFORMANCE OF MSMEs: PERAN SELF EFFICACY SEBAGAI MODERATOR (Studi Pada UMKM Di Kota Surakarta).” Edunomika 15, no. 1: 37–48.

Kurdi, S, Saefudin, and Nurkholik. 2022. “The Impact Of Baznas Venture Capital, Entrepreneurship Motivation, And Digital Technology Entrepreneurship On Micro-Enterprise Performance In Kendal Regency.” Jurnal Mantik 6, no. 36: 2264–72. http://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/view/2679%0A

https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik/article/download/2679/2209.

Widodo, Putranto Hari, Neli Hajar, and Laelatul Maghfiroh. 2023. “International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR).” International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR) 7, no. 1: 1–18.

Downloads

Published

2025-08-22