Optimalisasi Produk dan Layanan pada Forum UMKM untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Lokal
DOI:
https://doi.org/10.51792/jamet.v3i2.34Keywords:
UMKM, optimalisasi produk, pelatihan, pendampingan, daya saing, ekonomi lokal.Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, menyumbang sekitar 60% terhadap PDB dan menyediakan lapangan kerja. Namun, UMKM menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan akses pasar, kualitas produk, dan manajerial. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan upaya optimalisasi produk dan layanan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan. Program ini mencakup identifikasi masalah, pelatihan kualitas produk, manajemen usaha, serta kolaborasi antar UMKM untuk memperluas pasar. Hasilnya menunjukkan adanya peningkatan kualitas produk, pengelolaan usaha yang lebih baik, dan penggunaan teknologi yang efektif. Program ini berhasil meningkatkan daya saing UMKM dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.
Kata Kunci: UMKM, optimalisasi produk, pelatihan, pendampingan, daya saing, ekonomi lokal.
References
Abdullah, Lukman Zaini, Suprihono Setyawan, Mahfud Nugroho, Rizki Ridhasyah, and Fitria Yuni Astuti. 2021. “Indonesian Journal of Devotion and Empowerment 3 ( 1 ) 2021.” Indonesian Journal of Devotion and Empowerment 3, no. 1: 1–5.
Agit, Alamsyah, I Putu Dharmawan Suryagita Susila Putra, Gilang Kharisma Putra, Fanniya Dyah Prameswari, Umi Hani, Arum Pujiastuti, Mahfud Nugroho, et al. 2024. “Pengantar Manajemen Usaha.”
Hakim, Mujibul, Fangela M Sari, Yustiana Dwirainaningsih, and Muhammad Syaqiq. 2024. “Pengaruh Perlindungan Konsumen , Kepatuhan Pajak , Dan Deteksi Fraud Terhadap Kinerja UMKM Batik Kota Pekalongan” 12, no. 3: 929–42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal AbdiMas Ekonomi Terapan, Universitas Selamat Sri (UNISS) Kendal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

