EDUKASI LITERASI KEUANGAN BERBASIS AKTIVITAS EXECUTIVE FUNCTION PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • Nurifa Laksmitasari Azizah Universitas Selamat Sri
  • Fitria Yuni Astuti Universitas Selamat Sri
  • Abdul Khafid Universitas Selamat Sri
  • Umi Hani Universitas Selamat Sri

DOI:

https://doi.org/10.51792/jamet.v2i2.27

Keywords:

literasi keuangan, menabung, anak, executive function, Fusfaq TPQ Darussalam

Abstract

OECD (Organisation for Economic Cooperation and Development) menyebutkan bahwa tingkat literasi keuangan Indonesia masih tergolong terendah di Negara ASEAN, sehingga di era saat ini sangat penting untuk melakukan edukasi literasi keuangan. Edukasi literasi keuangan harus dilakukan sejak dini karena manusia cenderung memiliki perilaku premature affluence (perilaku boros jika didukung dengan sumber daya keuangan). Tujuan dari pengabdian masyarakat ini untuk mengedukasi anak sejak dini agar dapat mengelola keuangan dengan bijak melalui cara menabung. Objek dari pelatihan ini yaitu anak yang belajar di TPQ Darussalam dengan menggunakan metode executive function dengan harapan anak mampu mengaplikasikan edukasi literasi keuangan dikesehariannya

Downloads

Published

2024-08-15